Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Menkeu Siapkan Rp2,6 Triliun untuk Kenaikan Gaji PNS

Ekonomi pns ASN
Eko Nordiansyah • 19 Maret 2019 18:01
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyiapkan dana sebesar Rp2,661 triliun untuk kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS). Jumlah ini telah memperhitungkan kenaikan gaji untuk PNS yang dirapel sejak Januari sampai dengan April 2019.
 
"Total dari rapel gaji Rp2,661 triliun, terdiri dari gaji untuk PNS pusat, TNI, Polri, dan pensiunan," kata Sri Mulyani di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Sementara itu, pemerintah juga akan memberikan kenaikan gaji bagi PNS di daerah. Dana untuk kenaikan gaji PNS daerah dialokasikan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk PNS daerah itu sudah diperhitungkan dalam transfer DAU kita ke daerah. Jadi masing-masing di daerah nanti melakukan proses kenaikan gaji sesuai dengan Undang-Undang (UU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," jelas dia.
 
Meski begitu, saat ini Kementerian Keuangan masih melakukan konfirmasi jumlah anggaran untuk kenaikan gaji PNS. Saat ini konfirmasi tengah dilakukan dari anggaran gaji yang sudah diajukan oleh masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L).
 
"Konfirmasi angkanya yang akan kita proses di masing-masing satker. Konfirmasi ini sedang kita lakukan, kita berharap awal April waktu pembayaran gaji itu (pencairan kenaikan gaji) sudah bisa kita lakukan," ungkapnya.
 
Presiden Joko Widodo pada 13 Maret 2019 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penyesuaian Gaji Pokok PNS Menurut PP Nomor 30 Tahun 2015 ke Dalam Gaji Pokok PNS Menurut PP Nomor 15 Tahun 2019.
 
Penetapan Perpres itu untuk menindaklanjuti penetapan gaji pokok PNS berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019.
 
Dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2019 ini disebutkan, gaji pokok PNS menurut golongan ruang dan masa kerja sebagaimana tercantum dalam lampiran PP Nomor 30 Tahun 2015, terhitung mulai 1 Januari 2019 disesuaikan dengan gaji pokok menurut ruang dan masa kerja golongan sebagaimana tercantum dalam lampiran PP Nomor 15 Tahun 2019.
 
Penyesuaian gaji pokok sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, ditetapkan dengan keputusan Pejabat Pembina Kepegawaian dalam lingkungan masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
 
PP ini juga menyebutkan, ketentuan mengenai tata cara pembayaran gaji pokok PNS diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan. Adapun ketentuan teknis mengenai penyesuaian gaji pokok PNS diatur dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif