Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)

BI Ramal Inflasi Maret 0,10%

Ekonomi inflasi bank indonesia
Husen Miftahudin • 22 Maret 2019 14:30
Jakarta: Bank Indonesia (BI) meramal perkembangan harga pada Maret 2019 mengalami inflasi sebesar 0,10 persen secara bulan ke bulan alias month to month (mtm). Hal ini terungkap berdasarkan survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan bank sentral hingga pekan ketiga Maret 2019.
 
"Berdasarkan SPH sampai minggu ketiga Maret ini, kita perkiraan inflasi Maret itu 0,10 persen month to month. Kalau secara year on year-nya 2,47 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di kompleks perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2019.
 
Menurut Perry, prediksi bank sentral terhadap perkembangan harga pada bulan ini menunjukkan bahwa inflasi tetap rendah dan semakin turun. Dia berkaca pada angka inflasi di dua bulan sebelumnya, Januari dan Februari 2019, yang masing-masing angka inflasi secara yoy berada di posisi 2,82 persen dan 2,57 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perry mengungkapkan, hampir semua harga komoditas pangan menunjukkan tingkat inflasi yang rendah. Namun, lanjut dia, beberapa kenaikan harga terjadi pada komoditas pangan seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, tarif angkutan udara, dan air minum kemasan.
 
"Tapi kenaikannya tidak besar karena kita ada deflasi untuk daging ayam ras, telur, sayur-sayuran, beras, dan yang lain-lain sehingga menunjukkan harga-harga tetap rendah, terkendali, kebutuhan pangan cukup dan terpenuhi," tegas dia.
 
Ekspektasi inflasi Maret 2019 yang diperkiraan terkendali dan bahkan turun, jelas dia, mengonfirmasi harga-harga masih dalam batas yang aman. Estimasi inflasi pada Maret 2019 secara (yoy) di posisi 2,47 persen menunjukkan perkembangan harga-harga pada bulan ini lebih stabil ketimbang bulan sebelumnya.
 
"Tentu saja perkembangan ini mengonfirmasi bahwa inflasi akhir tahun ini Insyaallah akan di bawah 3,5 persen," jelas Perry.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat realisasi perkembangan harga pada Januari 2019 terjadi inflasi 0,32 persen (mtm) dan 2,82 persen (yoy). Sementara pada Februari 2019, secara mtm deflasi 0,24 persen sedangkan secara tahun ke tahun terjadi inflasi sebesar 2,57 persen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif