Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin)

BI Prediksi Inflasi 3,07% hingga Akhir 2018

Ekonomi inflasi bank indonesia
Ilham wibowo • 28 Desember 2018 15:49
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi tingkat inflasi hingga akhir 2018 berada di posisi 3,07 persen. Besaran inflasi tersebut masih lebih rendah dari perkiraan sebelumnya di 3,2 persen dan target di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang berada di angka 3,5 persen.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan prediksi tingkat inflasi tersebut berdasarkan pencatatan hasil survei pemantauan secara nasional. Secara bulan ke bulan, tingkat inflasi Desember 2018 berada pada 0,56 persen.
 
"Utuk Desember secara tahun ke tahun estimasi kami di 3,07 persen. Inflasi 2018 terkendali lebih rendah dari perkiraan kami 3,2 persen," papar Perry, di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Perry tingkat inflasi pada Desember ini dipengaruhi momentum musiman seperti perayaan Natal dan Tahun Baru. Beberapa komoditas pangan tercatat mengalami kenaikan harga. "Khusus Desember penyebabnya musiman antara lain angkutan udara, bahan makanan seperti daging dan telur ayam," ungkapnya.
 
Secara keseluruhan, lanjut Perry, bank sentral masih memandang bahwa inflasi sepanjang tahun ini tetap terkendali. Kondisi positif ini diharapakan berlanjut di tahun mendatang. "Secara keseluruhan inflasi tetap terkendali tahun depan dan kami optimistis terkendali di kisaran 3,5+-1 persen," pungkasnya.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif