Ilustrasi kebutuhan lapangan kerja - - Foto: MI/ Bary Fathahilah
Ilustrasi kebutuhan lapangan kerja - - Foto: MI/ Bary Fathahilah

Pemerintah Butuh Lebih dari 3 Juta Lapangan Kerja untuk Pulihkan Ekonomi

Ekonomi lapangan pekerjaan apindo Pemulihan Ekonomi Nasional Tambahan pengangguran
Eko Nordiansyah • 26 November 2020 15:21
Jakarta: Pemerintah diminta untuk membuka lebih dari tiga juta lapangan pekerjaan agar ekonomi Indonesia bisa pulih kembali. Apalagi pada Agustus 2020, jumlah pengangguran akibat covid-19 bertambah 2,56 juta orang.
 
Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan masalah pengangguran menjadi salah satu tantangan dalam pemulihan ekonomi tahun depan. Karena itu, pembukaan lapangan kerja harus menjadi salah satu prioritas pemerintah.
 
"Minimal harus menciptakan lebih dari tiga juta lapangan pekerjaan untuk mengembalikan daya beli dan confident konsumsi masyarakat ke level sebelum pandemi," katanya dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis, 26 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Agustus 2020, jumlah pengangguran tercatat mencapai 9,77 juta orang dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 7,07 persen. Angka tersebut meningkat dibandingkan Agustus tahun lalu yang mencatat 7,10 juta orang dengan TPT 5,23 persen.
 
"Jumlah pengangguran nasional hampir 9,7 juta orang dan TPT naik ke tujuh persen di Agustus 2020. Ini belum angka yang sebenarnya karena ini naik terus. Kalau data yang kami dapat dari asosiasi kemarin saja ada sekitar enam juta orang yang dirumahkan," jelas dia.  
 
Shinta menambahkan pemerintah perlu mendorong investasi yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satunya dengan perbaikan iklim investasi dan daya saing berusaha.
 
"Dengan demikian, konsumsi domestik ini menjadi driven utama untuk pertumbuhan ekonomi nasional supaya bisa pulih ke level sebelum pandemi. Ini pekerjaan rumah yang sangat berat bagaimana kita bisa meningkatkan daya saing iklim usaha di Indonesia," pungkasnya. 

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif