Ilustrasi. FOTO: AFP.
Ilustrasi. FOTO: AFP.

Utang Indonesia Naik 10% Jadi USD395 Miliar

Ekonomi utang luar negeri bank indonesia
Desi Angriani • 16 September 2019 11:06
Jakarta: Bank Indonesia merilis Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tumbuh 10,3 persen secara tahunan (yoy) atau meningkat dari USD358,297 miliar menjadi USD395,309 miliar pada akhir Juli 2019. Jumlah itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD197,5 miliar, serta utang swasta (termasuk BUMN) sebesar USD197,8 miliar.
 
Mengutip keterangan tertulis yang dirilis BI, Senin, 16 September 2019, kenaikan utang terutama dipengaruhi oleh transaksi penarikan neto ULN dan penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sehingga utang dalam rupiah tercatat lebih tinggi dalam denominasi dolar AS.
 
Pertumbuhan ULN yang meningkat tersebut bersumber dari ULN pemerintah dan swasta. ULN swasta tumbuh meningkat sejalan dengan peningkatan kebutuhan investasi korporasi di beberapa sektor ekonomi utama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun posisi ULN swasta pada akhir Juli 2019 tumbuh 11,5 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 11,1 persen (yoy).
 
Peningkatan ULN swasta terutama bersumber dari penerbitan obligasi global oleh korporasi bukan lembaga keuangan. Secara sektoral, ULN swasta didominasi oleh sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor industri pengolahan, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara (LGA), serta sektor pertambangan dan penggalian. Pangsa ULN di keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 76,6 persen.
 
Namun demikian, ULN diklaim tetap terkendali dengan struktur yang sehat. Kondisi tersebut, berdasarkan catatan Bank Indonesia, tercermin antara lain dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada Juli 2019 sebesar 36,2 persen, membaik dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya.
 
Selain itu struktur ULN Indonesia tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang dengan pangsa 87,6 persen dari total ULN. Dengan perkembangan tersebut, meskipun ULN Indonesia mengalami peningkatan, namun struktur ULN Indonesia tetap sehat.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif