Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: tangkapan layar YouTube.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: tangkapan layar YouTube.

Waspadai Omicron, Bos BI Optimistis Pemulihan Ekonomi Berlanjut

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Bank Indonesia Ekonomi Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional Omicron Varian Omicron
Eko Nordiansyah • 20 Januari 2022 18:15
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku tetap optimistis pemulihan ekonomi akan berlanjut di tahun ini. Meskipun saat ini di sejumlah negara terjadi gelombang kasus covid-19 akibat varian Omicron, namun pengendalian yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dinilai cukup baik.
 
Perry mengatakan, penanganan covid-19 varian omicron di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo beserta Satuan Tugas (Satgas) sudah cukup baik. Apalagi pelaksanaan vaksinasi juga tergolong cepat, ditambah adanya vaksin bagi anak-anak dan booster yang akan meningkatkan daya tahan terhadap penyebaran covid-19.
 
"Mari kita dukung upaya pemerintah untuk mengatasi omicron ini dan secara bertahap, hati-hati, membuka sektor-sektor ekonomi tanpa menimbulkan suatu penyebaran Omicron tapi juga mendukung pemulihan ekonomi," kata dia dalam video conference, Kamis, 20 Januari 2022.

Indikator ekonomi membaik

Ia menambahkan, berbagai indikator ekonomi sejak akhir tahun lalu hingga Januari ini menunjukkan adanya perbaikan. Misalnya saja kenaikan transaksi melalui sistem pembayaran dan peningkatan ativitas ekonomi, sehingga mendukung pemulihan ekonomi nasional dari berbagai sektor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Daya dukung pemulihan ekonomi Indonesia darimana? Dari tetap kuatnya kinerja ekspor. Meningkatnya konsumsi masyarakat dengan pembukaan dan aktivitas masyarakat yang terus naik, berbagai indikator penjualan eceran, Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) juga menunjukkan yang sama," ungkapnya.
 
Selain itu, kinerja korporasi baik kecil, menengah, maupun besar mulai berjan baik terlihat dari peningkatan penjualan dan kondisi keuanganya. Bahkan intermediasi perbankan terus membaik dengan pertumbuhan kredit sebesar 5,24 persen (yoy) pada Desember 2021 sehingga mendukung dunia usaha untuk pulih.
 
"Langkah-langkah bersama KSSK, mendorong pembiayaan dan kredit dari dunia usaha dan kami lihat kenapa kredit di Desember terus mengalami peningkatan. Demikian juga sisi perbankan salurkan kredit," pungkas dia.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif