Illustrasi (MI/Erlangga).
Illustrasi (MI/Erlangga).

Sri Mulyani Niat Pangkas Porsi Kepemilikan Asing di SUN Jadi 20%

Ekonomi sri mulyani
Eko Nordiansyah • 19 Agustus 2019 16:11
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengurangi kepemilikan asing di Surat Utang Negara (SUN). Dirinya berharap porsi asing di utang pemerintah bisa dipangkas sampai dengan 20 persen.
 
Data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menyebut, kepemilikan asing di SUN saat ini sebesar Rp1.005,64 triliun atau sekitar 38,7 persen. Dia menjelaskan butuh lebih banyak sosialisasi agar investor domestik mengambil alih porsi asing dalam SUN.
 
"Saat ini sekitar 30 persen, kita harapkan bisa mencapai 20 persen pada masa yang cukup dekat dan itu berarti menimbulkan banyak sekali sosialisasi kepada calon investor kita," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menjelaskan sedikitnya porsi asing terhadap SUN akan membuat stabilitas sistem keuangan lebih terjamin. Pasalnya pergerakan imbal hasil (yield) SUN tidak akan banyak dipengaruhi oleh kondisi gejolak global.
 
"Semakin besar basis domestik akan menimbulkan lebih banyak stabilisasi karena memahami kondisi market kita, tidak mudah untuk dipicu oleh perubahan policy yang berasal dari luar. Jadi ya idealnya terus meningkat," jelas dia.
 
Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, Kementerian Keuangan akan terus mengajak investor domestik membeli surat utang yang diterbitkan pemerintah. Terlebih pertumbuhan masyarakat kelas menengah di Indonesia memberi peluang untuk peningkatan pemilikan SUN oleh investor dalam negeri.
 
"Pokoknya kita usahakan terus saja. Kalau Indonesia sekarang growthing middle class kita sudah cukup tumbuh tinggi," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif