Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) dan Presiden AS Donald Trump - - Foto: AFP
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) dan Presiden AS Donald Trump - - Foto: AFP

Perang Dagang Bikin Ekonomi Kuartal II 2019 Melandai

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang Trade War
Eko Nordiansyah • 08 Juli 2019 15:33
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok mulai terasa ke Indonesia. Hal ini membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2019 sedikit melandai akibat melambatnya kinerja ekspor.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan melambatnya kinerja ekspor ini sudah terlihat di kuartal II 2019 terutama di ekspor komoditas dan manufaktur. Hanya ekspor komoditas batu bara dan kelapa sawit yang masih cukup bagus, atau tidak terdampak perang dagang.
 
"Ekspor manufaktur yang umumnya ke AS, tetapi sejumlah kinerja ekspor juga ada yang cukup baik cuma kebiasaannya dan emang tipikal di Indonesia, kalau ekspor turun itu memang impor menurun," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski ekspor melambat namun konsumsi rumah tangga diprediksi masih mampu menopang pertumbuhan ekonomi. Adanya pemilu dan Idulfitri pada periode ini mendorong konsumsi tumbuh di atas 5,1 persen.
 
"Sumber pertumbuhan terutama dari dua hal, yaitu konsumsi rumah tangga yang kuat karena bersamaan dengan pemilu dan pengeluaran lebih tinggi musiman berkaitan dengan Ramadan dan Idulfitri," jelas dia.
 
Selain konsumsi, investasi di kuartal II juga masih cukup baik memberikan andil bagi pertumbuhan ekonomi. Sayangnya perkembangan ekspor membuat ekonomi Indonesia di kuartal II tahun ini kurang lebih sama seperti kuartal I 2019.
 
"Sumber pertumbuhan kedua, yakni investasi bangunan berkaitan dengan berlanjutnya proyek-proyek pembangunan infrastruktur. Kedua itu (konsumsi dan investasi) sumber yang menopang pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2019," pungkasnya.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif