Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

BI: Rupiah Membaik Akibat Arus Modal Asing

Ekonomi bank indonesia kurs rupiah
Desi Angriani • 28 Juni 2019 15:56
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus membaik akibat faktor global dan domestik. Rupiah berdasarkan kurs tengah BI berada di level Rp14.141 per USD pada Jumat, 28 Juni 2019.
 
Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan dari sisi global, pertemuan KTT G20 di Osaka, Jepang mengindikasikan adanya penurunan ketegangan perang dagang antara AS-Tiongkok.
 
"Rupiah perkembangan cukup baik dan perkembangan di global tentunya kita menunggu masih melihat skenario trade war. Tapi tentunya dalam perkembangan terakhir, positifnya juga sudah muncul bahwa kemungkinan akan ada deal yang mengarah ke penyelesaian," ujar Dody saat ditemui di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, faktor domestik yang mendorong perbaikan laju rupiah ialah derasnya aliran modal asing yang masuk (capital inflow) hingga bulan ini. Dana asing yang tercatat masuk ke Indonesia hingga 27 Juni kemarin mencapai Rp154 triliun. Jumlah tersebut masuk melalui Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp90 triliun dan saham sebanyak Rp60 triliun.
 
"Lalu di Indonesia kita masih melihat positifnya perkembangan di domestik ke arah inflow dan ini yang mendorong rupiahnya terus membaik," imbuh dia.
 
Dody menambahkan tren bunga murah akan mendorong investor menanamkan dananya di Indonesia, lantaran memberikan yield tinggi, baik di investasi portofolio maupun di investasi langsung.
 
"Positifnya adalah bahwa confidence untuk investor untuk equity saham itu cukup besar. Karena tentunya investor akan memperhatikan earning dari pada korporasi," pungkas dia.
 
Adapun kurs rupiah terus menguat menjelang sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal hasil perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 yang tengah dibacakan oleh hakim.
 
Namun, pada pembukaan perdagangan pagi ini rupiah tercatat melemah tipis. Rupiah tetap berada di level Rp14.100-an per USD.
 
Dilansir dari Bloomberg Dollar Index, Jumat, 28 Juni 2019, rupiah pada perdagangan spot exchange melemah tipis tiga poin atau 0,02 persen ke level Rp14.143 per USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp14.132 per USD-Rp14.143 per USD.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif