Ilustrasi. Foto: AFP
Ilustrasi. Foto: AFP

PPKM Efektif, Sri Mulyani Yakin Ekonomi Tumbuh 4-5% di Kuartal III

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Sri Mulyani Kementerian Keuangan penanggulangan covid-19 PPKM Varian Delta
Eko Nordiansyah • 23 September 2021 10:48
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi di kuartal III ini akan tetap positif. Ia memproyeksikan ekonomi bisa tumbuh lebih baik antara empat hingga lima persen di kuartal III 2021.
 
Ia menyebut, perbaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi ini didukung oleh efektivitas kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang luar biasa menjaga dan mengendalikan covid-19 varian delta di seluruh Indonesia.
 
"Efektivitas PPKM telah memberikan dampak positif bagi kita semua. Kalau kita lihat kuartal III growth kita proyeksinya meningkat menjadi empat sampai dengan lima persen," kata dia dalam video conference di Jakarta, Kamis, 23 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Mulyani mengungkapkan, berbagai indikator baik dari sisi konsumsi maupun produksi di perekonomian menggambarkan ketahanan yang cukup baik. Padahal ekonomi sempat dihadapkan pada hantaman varian delta yang cukup berat sejak Juli hingga pertengahan Agustus lalu.
 
"Ini memberikan optimisme kepada kita untuk pertumbuhan ekonomi kita bisa meningkat di kuartal IV akan lebih baik lagi. Tentu dengan asumsi varian baru, maupun terjadinya klaster akibat aktivitas di pendidikan atau ekonomi masih bisa terkendali dengan baik," ungkapnya.
 
Pada kuartal III, konsumsi rumah tangga diprediksi bisa tumbuh antara dua hingga 2,4 persen, konsumsi pemerintah minus 0,9 hingga positif 0,1 persen, investasi tumbuh 4,9 sampai 5,4 persen, ekspor tumbuh 20 sampai 22,4 persen, dan impor tumbuh 24 sampai 25,2 persen.
 
"Kita berharap, di bulan September ini kalau akselerasi di dua minggu terakhir bisa meng-composite pelemahan yang terjadi akibat PPKM di bulan Juli, maka bukan tidak mungkin konsumsi rumah tangga masih cukup baik," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif