Bencana Palu. Dok : AFP.
Bencana Palu. Dok : AFP.

Kemenkeu Tegaskan Anggaran Bencana untuk BNPB Selalu Siap

Ekonomi bencana
Eko Nordiansyah • 31 Desember 2018 20:25
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan anggaran untuk menanggulangi bencana di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selalu siap. Apalagi jika terjadi bencana, maka BNPB bisa mengusulkan anggaran penanggulangan.
 
Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan pemerintah sudah menyiapkan dana siap pakai (on call) jika terjadi bencana. Dana tersebut nantinya akan diambil dari anggaran Bendahara Umum Negara (BUN).
 
"Penangan bencana itu bukan hanya rutin semua dan itu even 2018 kita banyak tantangan bisa kita selesaikan dengan baik," kata dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 31 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menjelaskan, anggaran untuk BNPB hanya digunakan untuk anggaran rutin saja. Misalnya untuk membiayai operasional, belanja pegawai, belanja barang, dan lainnya tanpa memasukan alokasi bencana.
 
"Kan mengenai anggaran sudah dari revisi, perbaikan statement dari BNPB, jadi enggak benar seperti itu, BNPB sudah koreksi. Sebab anggaran yang diomongin BNPB itu seolah anggaran rutin" kata Askolani.
 
Sebelumnya, BNPB mengeluhkan minimnya anggaran yang diberikan oleh pemerintah untuk lembaga tersebut. Hal ini bisa dilihat dari penurunan anggaran yang diberikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
Tahun ini, BNPB mendapatkan anggaran sebesar Rp2,6 triliun. Namun untuk tahun depan, anggaran yang didapatkan oleh BNPB mengalami penurunan hingga 76,92 persen menjadi hanya Rp619 miliar.
 

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif