Anggota Komisi XI DPR RI Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Anggota Komisi XI DPR RI Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Tata Kelola Keuangan Negara Semakin Baik

Ekonomi apbn ekonomi indonesia
Nur Aivanni • 02 Januari 2019 08:00
Jakarta: Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Johnny G Plate mengapresiasi kinerja pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas penerimaan negara yang mencapai 100 persen di 2018. Kondisi itu menunjukkan pengelolaan keuangan negara semakin baik.
 
"Itu berarti manajemen penerimaan negaranya sudah semakin lebih baik. Tata kelola keuangan negara sudah semakin baik," katanya saat dihubungi Media Indonesia, Selasa, 1 Januari 2019.
 
Menurutnya capaian tersebut menjadi awal yang baik bagi perekonomian Indonesia di 2019. Ia berharap capaian tersebut bisa tetap dipertahankan oleh Kemenkeu dan seluruh jajarannya pada tahun ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini memang awal yang baik. Ini tidak hanya mengenai penerimaan negara yang baik, tapi juga mengenai kualitas APBN kita yang menjadi lebih baik. Kita harapkan pengelolaan keuangan negara tahun depan lebih bagus lagi," tukasnya.
 
Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut penerimaan negara tahun ini mencapai 100 persen dari target. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) 2018, penerimaan negara ditargetkan sebesar Rp1.894,72 triliun.
 
Baca:Rekor Penerimaan Negara Beri Sentimen Positif bagi Investor
 
Sri Mulyani menambahkan, belanja negara tahun ini tercatat mencapai 97 persen dari target APBN sebesar Rp2.220,63 triliun. Dengan demikian, defisit keseimbangan primer berada di bawah dua persen sejak 2012.
 
Tercapainya penerimaan negara serta penyerapan anggaran yang baik tak lepas dari upaya Kemenkeu. Pada akhir tahun ini, Kemenkeu melakukan konsolidasi dan koordinasi pelaksanaan anggaran melalui konferensi video dengan seluruh pejabat eselon I dan II di seluruh Indonesia dipimpin langsung oleh Menkeu Sri Mulyani.
 

(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif