Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Fed Bakal Rem Naikkan Suku Bunga

Ekonomi suku bunga the fed
Suci Sedya Utami • 17 April 2019 18:44
Tangerang Selatan: Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve bakal manahan laju untuk menaikkan tingkat suku bunga pada tahun ini di tengah kondisi ketidakpastian yang masih berlanjut.
 
Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sepulangnya dari agenda Spring Meeting IMF 2019 di Washington DC. Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa kondisi ekonomi global mengalami pelemahan.
 
Hal tersebut terlihat dari penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia di tahun ini yang awalnya 3,9 persen diturunkan menjadi 3,5 persen dan kembali dikoreksi menjadi 3,3 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melihat kondisi tersebut, para pengambil kebijakan termasuk Fed mau tidak mau juga menyesuaikan kebijakan mereka yang tentunya akan berpengaruh pada laju pertumbuhan ekonomi.
 
"Federal Reserve sekarang lebih memiliki ruang, mereka bilang lebih sabar dan akan mengkaji ulang. Artinya kenaikan suku bunga yang membuat guncangan di emerging market tidak akan terjadi atau akan berhenti," kata Ani ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu, 17 April 2019.
 
Baca juga: Oleh-Oleh Sri Mulyani dari Pertemuan IMF-Bank Dunia
 
Dia mengatakan kebijakan tersebut tentunya berpengaruh positif bagi Indonesia untuk mendorong pertumbuhan. Kendati dia bilang Indonesia tetap harus waspada meski memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibanding negara lain.
 
"Kita tetap harus menjaga fiscal space, memiliki ruang yang cukup terhadap antisipasi apapun yang terjadi di dunia," tutur dia.
 
Selain itu oleh-oleh yang dibawa Ani sekembalinya dari negeri Paman Sam itu yakni semua pemangku kepentingan berharap agar konflik perdagangan antara AS dan Tiongkok segera mencapai titik temu.
 
Ketua Fed Jerome Powell sebelumnya mengatakan Fed akan mengambil pendekatan yang perlahan sehubungan dengan perubahan kebijakan di masa depan. Hal ini memperingatkan tentang beberapa arus lintas dan sinyal yang saling bertentangan, yang terlihat selama beberapa bulan terakhir.
 
Powell mengatakan keputusan kebijakan akan tergantung data dan mempertimbangkan informasi baru saat kondisi ekonomi dan prospek berkembang.
 
Setelah menaikkan suku bunga empat kali pada 2018, bank sentral membiarkan suku bunga tidak berubah setelah menyimpulkan pertemuan kebijakan pada Januari. Kisaran target saat ini untuk tingkat dana federal adalah 2,25 persen hingga 2,50 persen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif