BPS) akan merilis realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2021, Rabu, 5 Mei 2021. Foto: BPS
BPS) akan merilis realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2021, Rabu, 5 Mei 2021. Foto: BPS

Hari ini BPS Rilis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2021

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi BPS pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 05 Mei 2021 08:41
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2021, Rabu, 5 Mei 2021. Menurut agenda BPS, pengumuman perkembangan ekonomi di tiga bulan pertama tahun ini akan disampaikan pada pukul 11.00 WIB.
 
Banyak pihak memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan mengalami kontraksi di kuartal I ini. Meski begitu, kontraksi diperkirakan akan lebih rendah dibandingkan dengan kuartal sebelumnya tercatat minus 2,19 persen.
 
Dalam paparannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021 akan mengalami perbaikan dengan berada di kisaran minus 0,5 persen sampai dengan minus 0,3 persen (yoy).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat bahwa proyeksi kita arahnya ke arah recovery, dimana tentunya kita berharap ada kenaikan dari segi konsumsi, kemudian investasi, pengeluaran pemerintah, maupun dari segi ekspor," kata dia dalam video conference di Jakarta, Jumat, 23 April 2021.
 
Untuk konsumsi rumah tangga, diprediksi akan berada antara minus 1,5 persen hingga minus 1,3 persen di kuartal I 2021. Sementara untuk konsumsi LNPRT diprediksi tumbuh antara 0,3 persen sampai dengan 0,5 persen.
 
Konsumsi pemerintah diprediksi tumbuh 3,3 persen sampai 3,7 persen, investasi (PMTB) masih terkontraksi antara minus 2,2 persen hingga minus dua persen, ekspor tumbuh 7,6 persen, sedangkan impor tumbuh tiga persen.
 
Sementara untuk keseluruhan tahun, Airlangga memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan positif 4,5 persen hingga 5,3 persen. Apabila ini tercapai, ekonomi Indonesia sudah kembali ke level pertumbuhan sebelum pandemi covid-19.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif