Jokowi Lepas Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) berjabat tangan dengan pemilik kapal ketika melepas ekspor komoditas Indonesia menggunakan kapal kontainer berukuran raksasa ke sejumlah negara di Terminal JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/5). Foto: Antara/Wahyu
Jakarta: Presiden Joko Widodo melepas ekspor sejumlah komoditas melalui kapal kontainer ke mancanegara di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Jokowi menekankan, Indonesia tidak boleh berhenti bekerja dan harus terus bergerak untuk menunjukkan kepada dunia, ekonomi negara tetap berjalan dengan baik.

"Pada sore hari ini (ekspor) dengan kapal Amerika Serikat yang besar berkapasitas 10.000 Teus dan kita mengisi 4.300 Teus artinya pengiriman ini sangat besar kali dilakukan dengan sangat efisien," kata Jokowi di JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 15 Mei 2018.

Jokowi mengatakan, ekspor ini akan menghemat biaya hingga USD300. Ekspor berbagai komoditas juga akan memberikan daya saing dari produk yang dihasilkan Indonesia. 

"Produk-produk alas kaki, produk-produk garmen, dan produk-produk elektronik dan juga banyak lagi yang lain bukan bahan mentah tetapi sudah bahan-bahan produksi. Bahan produk industri yang kita harapkan ini akan meningkatkan ekspor kita," terang dia.

Pelepasan kapal raksasa berbobot 95.263 GT dengan ukuran panjang 300 meter ini juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya, dan CEO CMA CGM Farid Belbouab.




(DMR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360