Ekonomi Indonesia. Ant/Fanny Octavianus.
Ekonomi Indonesia. Ant/Fanny Octavianus.

Pertemuan Trump-Kim Diharapkan Berdampak Positif Buat Indonesia

Ekonomi ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 12 Juni 2018 17:09
Jakarta: Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un diharapkan membawa dampak positif bagi Indonesia. Apalagi setelah kedua pimpinan ini akhirnya bertemu di Singapura, setelah melakukan komunikasi yang cukup panjang.
 
Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengatakan salah satu dampak ekonomi yang bisa dihasilkan dari pertemuan Trump dan Kim adalah meningkatnya ekspor Indonesia. Pertemuan itu juga diharapkan bisa mendinginkan situasi semenanjung Korea yang sempat memanas.
 
"Sekitar 31 persen total perdagangan Indonesia khususnya ekspor ke Tiongkok, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan. Jika konflik berhasil diredam, eksportir tidak akan was-was mengirim barang lewat Semenanjung Korea," kata dia di Jakarta, Selasa 12 Juni 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, konflik yang mereda akan membuat biaya logistik bisa lebih dipangkas, tanpa jalur memutar untuk menghindari wilayah konflik. Dengan risiko geopolitik yang menurun sangat membantu kepastian ekspor negara seperti Indonesia.
 
Tak hanya dari segi perdagangan, Bhima berharap pertemuan Trump-Kim dapat mendorong penguatan nilai tukar dan bursa saham kawasan Asia. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi nilai tukar rupiah serta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
 
"Kalau pertemuannya berhasil dan menghasilkan suatu kesepakatan bersama yang clear dan positif antara Trump dan Kim, bisa dorong penguatan kurs dan bursa saham di kawasan Asia," kata Bhima.
 

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi