Kepala Bappenas Minta Kepala Daerah Tiru TGB Atasi Kemiskinan
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (MI/IMMANUEL ANTONIUS)
Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut upaya Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menurunkan kemiskinan merupakan langkah yang fenomenal. Langkah ini bisa diikuti oleh kepala daerah di Indonesia.

Dalam dua periode memimpin NTB, TGB berhasil menurunkan tingkat kemiskinan sekitar 10 persen. Pada 2008 saat awal menjabat, tingkat kemiskinan di NTB mencapai 24 persen, kemudian dalam 10 tahun turun menjadi 14 persen.

"Boleh saya katakan bahwa pencapaian fenomenal bagi kepala daerah adalah tingkat kemiskinan tadi. Itu bukan prestasi yang mudah bagi daerah di Indonesia," kata Bambang dalam peluncuran buku TGBnomics, di Hotel Ayana Midplaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat, 14 September 2018.

Bambang mencontohkan beberapa daerah yang 10 tahun lalu juga seperti NTB memiliki tingkat kemiskinan di atas 20 persen. Namun sekarang banyak daerah yang belum mampu menurunkan tingkat kemiskinannya sebagaimana yang dilakukan oleh TGB di NTB.

"Waktu NTB masih di atas 20 persen, NTB tidak sendirian, ada provinsi lain di timur Indonesia yang kemiskinannya ada di atas 20 persen juga. Tetapi kalau kita lihat dari yang bareng waktu itu dengan NTB mereka sekarang itu masih ada yang di atas 20 persen," jelas dia.

Dirinya menambahkan, banyak kepala daerah termasuk bupati dan wali kota yang menilai mengatasi kemiskinan butuh dana yang besar. Termasuk lebih besarnya dana yang diberikan oleh pemerintah pusat, sehingga mereka tidak berupaya maksimal dengan sumber daya yang ada di daerahnya.

"Menurunkan kemiskinan itu perlu upaya karena sifatnya multi sektor, bukan gampang. Bantuan (pemerintah pusat) itu bukan sustainable. Mesti ada aksi dari berbagai aspek ekonomi untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran untuk meningkatkan ekonomi," pungkasnya.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id