Dalam 10 Hari, Modal Asing Masuk ke Indonesia Rp7,1 Triliun
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) merilis pasar valuta asing Indonesia yakni inflow Surat Berharga Negara (SBN) selama 10 hari di Juli mencapai Rp7,1 triliun.

"Kalau kita lihat data inflow (masuk) ke SBN dari 2 Juli sampai 12 Juli kemarin itu berjumlah Rp7,1 triliun," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 13 Juli 2018.

Angka ini menunjukkan kepercayaan para investor asing untuk berinvestasi di Indonesia. Menurutnya, capaian ini diperoleh dari kerja sama yang erat dan koordinasi yang baik antara BI dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Ini menunjukkan bahwa confidence pasar, confidence investor asing untuk berinvestasi di pasar Indonesia khususnya di pasar SBN itu cukup kuat. Terima kasih. Koordinasi kami dengan Kemenkeu itu sangat erat untuk semakin memperkuat confidence investor terhadap pasar SBN kita," jelas dia.

Selain itu, Perry juga menuturkan, suplai dolar Amerika Serikat (USD) baik dari korporasi atau eksportir juga cukup besar dan cukup untuk memenuhi permintaan. Dari data BI, suplai Dolar Amerika dari korporasi rata-rata per hari berkisar USD500 juta-USD600 juta per hari.

"Terima kasih para korporasi, para eksportir yang juga confidence menyuplai kebutuhan di pasar valas dan juga itu semakin memperkuat stabilitas nilai tukar rupiah," tutup dia.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id