Plt Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteady (kanan). (FOTO ANTARA/Bhakti Pundhowo)
Plt Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteady (kanan). (FOTO ANTARA/Bhakti Pundhowo)

Ken Dwijugiasteadi Dinilai Mampu Angkat Penerimaan Negara

Ekonomi pajak
Ade Hapsari Lestarini • 02 Desember 2015 20:20
medcom.id, Jakarta: Sigit Priadi Pramudito telah lengser dari jabatannya sebagai dirjen pajak. Sang pengganti, Ken Dwijugiasteadi, dinilai bisa mengatasi masalah belum tercapainya (shortfall) penerimaan negara hingga akhir tahun ini.
 
Ekonom Dradjad H Wibowo mengungkapkan, Sigit dinilai sebagai orang yang berpengalaman di Ditjen Pajak (DJP). Namun, target penerimaan pajak yang terlalu tinggi membuat Sigit pesimistis untuk mengejar target itu.
 
"Memang sejak awal dia (Sigit) tahu targetnya sangat berat," kata Dradjad, di Jakarta, Rabu (2/12/2015).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia pun mengapresiasi pengangkatan Ken Dwijugiasteadi sebagai Dirjen Pajak baru yang menggantikan Sigit. Menurut dia, Ken merupakan sosok yang lebih senior dari Sigit, serta sangat berpengalaman.
 
"Kelebihan Ken, yang bersangkutan benar-benar matang di lapangan, jadi Wajib Pajak bakal sulit menipu dia," kata Dradjad.
 
Menurutnya, Ken memahami sektor dan kelompok pajak yang perlu dikejar. Kelebihan Ken ini, lanjut dia, dianggapnya akan menjadi kunci kebangkitan penerimaan perpajakan hingga akhir tahun ini.
 
"Saya rasa Ken berpeluang besar mengurangi shortfall 2015 dan mengejar target 2016," tegas Dradjad.
 
Oleh karena itu, dirinya meyakini Ken Dwijugiasteadi akan bisa membawa DJP mendapatkan penerimaan pajak yang lebih tinggi di masa berikutnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif