PNS bisa mendapatkan tunjangan pulsa mulai bulan ini sampai empat bulan ke depan. Foto: MI/Ramdani
PNS bisa mendapatkan tunjangan pulsa mulai bulan ini sampai empat bulan ke depan. Foto: MI/Ramdani

Mulai September Ini PNS Bisa Dapat Tunjangan Pulsa Hingga Rp400 Ribu

Ekonomi pns Sri Mulyani
Eko Nordiansyah • 02 September 2020 10:59
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menerbitkan aturan mengenai tunjangan pulsa bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Dengan aturan ini, para PNS bisa mendapatkan tunjangan pulsa mulai bulan ini sampai empat bulan ke depan.
 
"Mulai bulan ini. Nanti tergantung pengguna anggaran (di masing-masing kementerian/lembaga)," kata Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo kepada Medcom.id, Rabu, 2 September 2020.
 
Dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 394/KMK.02/2020 tentang Biaya Paket Data dan Komunikasi Tahun Anggaran 2020, biaya paket data dan komunikasi hanya dapat diberikan kepada pegawai yang dalam pelaksanaan tugasnya sebagian besar membutuhkan komunikasi secara daring (online).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun besaran biaya paket data dan komunikasi yang diberikan adalah Rp400 ribu per orang per bulan untuk pejabat setingkat eselon I dan II atau yang setara. Sementara untuk pejabat setingkat eselon III atau yang setara ke bawah akan mendapatkan Rp200 ribu per orang per bulan.
 
Pendanaan yang diperlukan dalam rangka pemberian biaya paket data dan komunikasi berasal dari hasil optimalisasi dan realokasi penggunaan anggaran. Pemberiannya juga dilakukan secara selektif dengan mempertimbangkan intensitas pelaksanaan tugas dan fungsi penggunaan media daring (online) dan ketersediaan anggaran, dan sesuai prinsip tata kelola yang baik dan akuntabilitas.
 
Selain itu, pengguna anggaran dan/atau kuasa pengguna anggaran pada masing-masing kementerian/lembaga melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap pemberian biaya paket data dan komunikasi sebagaimana dimaksud sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
Pada saat keputusan menteri ini mulai berlaku, segala pemberian paket data dan komunikasi yang ditetapkan sebelumnya dinyatakan tidak berlaku. Adapun keputusan ini ditetapkan pada 31 Agustus 2020 dan berlaku sampai dengan 31 Desember 2020.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif