Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: MI/ARYA MANGGALA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: MI/ARYA MANGGALA

Sri Mulyani Siapkan Insentif untuk Dorong Pariwisata

Ekonomi pariwisata ekonomi kreatif ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 20 Februari 2020 07:36
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku pemerintah tengah menyiapkan insentif untuk mendorong sektor pariwisata domestik. Langkah itu diambil lantaran sektor ini merupakan yang paling terdampak penyebaran virus korona asal Tiongkok.
 
"Kita akan finalkan perhitungan insentif sektor pariwisata dalam bentuk diskon kepada para penumpang dalam rangka mencapai tujuan wisata," kata dia, di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Februari 2020.
 
Selain itu, pemerintah akan memberikan insentif bagi perusahaan agen perjalanan yang menarik wisatawan luar negeri. Meski demikian, Sri Mulyani masih belum merinci bentuk insentif yang akan diberikan oleh pemerintah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Insentif untuk travel agent yang bisa bawa wisatawan ke dalam negeri. Kita finalkan sehingga tahu anggaran, ini akan diluncurkan," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, insentif sektor pariwisata ini masih menunggu masukan dari kementerian terkait. Bahkan pelaku usaha seperti Kadin juga mengajukan usulan insentif demi mendongkrak jumlah wisatawan.
 
Tekanan ekonomi Tiongkok akibat virus korona berpotensi memberi efek limpasan ke negara-negara mitra termasuk Indonesia melalui beberapa transmisi seperti sektor pariwisata, perdagangan internasional, dan aliran investasi.
 
Pemerintah berencana mendorong pusat-pusat pariwisata melalui berbagai program pendukung, seperti percepatan pembangunan lima destinasi pariwisata super prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika. Pemerintah juga akan menyiapkan kebijakan fiskal dan non-fiskal untuk menstimulasi sektor pariwisata.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif