Menkeu Sri Mulyani. Foto : Medcom Eko.
Menkeu Sri Mulyani. Foto : Medcom Eko.

Menkeu: Dukungan Swasta Bangkitkan Rasa Aman di Pemulihan Ekonomi

Ekonomi Sri Mulyani
Ilham wibowo • 11 Agustus 2020 20:59
Jakarta: Dukungan pihak swasta di penanganan covid-19 dinilai sangat berkontribusi dalam meningkatkan rasa aman agar masyarakat tetap bisa beraktivitas. Di awal pandemi, sempat terjadi kepanikan di tengah masyarakat karena tidak siap merespons perubahan yang sangat cepat di aspek keseharian.
 
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa kepanikan sempat terjadi seperti dalam pembelian barang, seperti masker, hand sanitizer, dan barang penting lainnya karena suplai yang saat itu masih terbatas. Kontribusi pihak swasta sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk kembali beraktivitas meskipun dalam tata kenormalan baru.
 
"Misalnya respons cepat pengusaha saat memberikan bantuan untuk membersihkan masjid, sambil disertai himbauan untuk tidak berkumpul dan beribadah di masjid untuk sementara. Hal seperti ini memberikan ketenangan, sekaligus mengajak masyarakat untuk tetap berhati-hati," kata Sri Mulyani dalam webinar Gotong Royong Jaga UMKM Indonesia di Jakarta, Selasa, 11 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain tetap berfokus pada kesehatan, kata Sri, Pemerintah berfokus untuk menghidupkan ekonomi secara terukur. Hal ini merupakan tantangan di kuartal III dan IV mendatang.
 
"Langkah-langkah di bidang kesehatan masih sangat penting, namun kita bersama-sama juga mulai harus berupaya membangkitkan sisi sosial ekonomi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.
 
Semantara itu, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. Hemant Bakshi menuturkan bahwa gotong royong berbagai pihak dalam membantu pemulihan aktivitas masyarakat sangat penting untuk kebangkitan bersama. Kemitraan dengan para pelaku UMKM juga bagian tak terpisahkan dari ekosistem dan pertumbuhan.
 
“Kami memberikan dukungan nyata bagi 147 ribu pedagang warung di ekosistem kami agar tetap sehat selamat dan dapat tetap berjualan. Hal ini kami lakukan dengan cara menyumbangkan keuntungan dari transaksi dengan warung-warung tersebut selama tiga bulan ke depan, yang disampaikan dalam bentuk paket berisi produk kebersihan serta alat perlindungan diri, dan tambahan modal untuk keberlangsungan usaha," ujarnya.
 
Paket produk kebersihan dan alat perlindungan berisi produk-produk yang sangat dibutuhkan dalam kondisi pandemi covid-19 agar pedagang warung dapat tetap sehat dan selamat. Dukungan yang diberikan berupa pelindung wajah, masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan.
 
Sementara tambahan modal usaha diberikan dalam bentuk e-coupon untuk digunakan melalui aplikasi sahabat warung. Kemudian platform digital yang diluncurkan untuk memudahkan para mitra warung dalam proses pemesanan barang, proses komunikasi, serta memangkas rantai distribusi.
 
"Bersama-sama kita percepat pemulihan ekonomi dengan mengembalikan kekuatan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa,” tutup Hemant.

 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif