Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP

Sri Mulyani Ajak Semua Negara Berkolaborasi Lawan Covid-19

Ekonomi Sri Mulyani Kementerian Keuangan pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 16 Oktober 2020 16:02
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak semua negara di dunia saling berkolaborasi dalam melawan covid-19. Sebab, pandemi tidak dapat ditangani oleh satu negara atau satu wilayah saja.
 
"Semua negara juga harus berada dalam satu meja untuk mengatasi masalah ini. Itulah mengapa kolaborasi di tingkat internasional akan menjadi sangat penting," katanya dalamCNBC Debate on the Global Economy sebagai rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2020dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Jumat, 16 Oktober 2020.
 
Terkait pembiayaan dari IMF untuk negara miskin dan berkembang, Sri Mulyani menyebut mereka memiliki mekanisme untuk memastikan bahwa utang itu akan dipinjam dengan benar.
Menurutnya, penangguhan pembayaran utang kepada negara miskin oleh Debt Service Suspension Initiative (DSSI) akan membantu mereka dalam mengantisipasi dampak pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tidak akan bersikap skeptis, pada saat yang sama banyak dari negara ini sangat membutuhkan dukungan sehingga DSSI yang sekarang sedang dibahas di G20 akan menjadi salah satu inisiatif, dimana masyarakat internasional harus melihat beban utang terutama di negara miskin sehingga mereka tidak hanya mampu bertahan dari krisis ini tetapi juga pulih ke jalur pertumbuhan mereka," terang dia.
 
Sementara itu, distribusi dan pemberian vaksin kepada 267 juta penduduk Indonesia merupakan tantangan meski vaksin covid-19 telah ditemukan.

 
"Kami saat ini bekerja sama dengan setidaknya empat perusahaan di seluruh dunia agar mendapatkan batch pertama vaksin. Jadi, saya lebih optimistis dari sisi vaksin tetapi tentunya ini tidak akan menjadi akhir dari tantangan karena kita juga memvaksinasi. Jadi, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di luar sisi pembiayaan," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif