Pemerintah Batal Naikkan Cukai Rokok
Presiden Joko Widodo. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Bogor: Pemerintah memutuskan tidak menaikkan pajak cukai rokok pada 2019. Kebijakan itu diputuskan dalam rapat kabinet yang digelar Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 2 November 2018.

"Mendengar seluruh evaluasi dan masukan dari sidang kabinet, maka kami memutuskan bahwa tidak akan ada perubahan atau kenaikan cukai pada 2019. Kita akan menggunakan tingkat cukai yang ada sampai dengan 2018 ini," ujar Presiden Jokowi.

Awalnya pemerintah berencana menaikkan cukai rokok 2019. Paling cepat, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dikeluarkan pada Oktober 2018.

Rencana itu dilakukan guna menambal keuangan BPJS Kesehatan yang kritis akibat defisit yang terus berjalan dari tahun ke tahun.

Terpisah, juru bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Misbakhun menilai, keputusan tersebut membuktikan keberpihakan pemerintah kepada petani tembakau.

"Ini menunjukkan sikap Presiden Jokowi yang aspiratif dan keberpihakan terhadap para petani tembakau dan para buruh industri hasil tembakau," tandasnya.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id