Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)

Pembangunan Infrastruktur Bantu Tercapainya Target Inflasi

Ekonomi inflasi pertumbuhan ekonomi infrastruktur ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 30 Januari 2019 07:13
Jakarta: Pemerintah menilai pencapaian target inflasi sepanjang 2018 merupakan suatu yang positif. Tahun lalu inflasi tercatat sebesar 3,13 persen atau di bawah target yang ditetapkan yaitu 3,5 plus minus satu persen.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pencapaian inflasi tidak terlepas dari sinergi kebijakan moneter dan fiskal dalam mengelola kondisi makroekonomi yang sehat serta kebijakan struktural.
 
"Termasuk pembangunan infrastruktur di berbagai daerah yang memperbaiki konektivitas dan kelancaran distribusi," kata Darmin, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ke depan, Darmin menambahkan, pemerintah di tingkat pusat dan daerah serta bank sentral akan terus memperkuat koordinasi kebijakan guna terus membawa inflasi dalam tren menurun. Apalagi tahun depan inflasi ditargetkan lebih rendah.
 
"Yaitu dalam kisaran tiga plus minus satu persen pada 2020 dan 2021 sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkesinambungan, seimbang, dan inklusif," jelas dia.
 
Tahun ini, pemerintah bersama dengan BI sepakat untuk menjaga inflasi dalam kisaran sasaran. Hal ini terutama ditopang pengendalian inflasi volatile food maksimal di kisaran empat sampai lima persen.
 
Strategi tercapainya target inflasi dilakukan melalui empat kebijakan utama yakni 4K, yang terdiri dari keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif