Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.

Airlangga Sebut Pembahasan RUU Cipta Kerja Sudah 90%

Ekonomi Omnibus Law Airlangga Hartato
Eko Nordiansyah • 15 September 2020 11:24
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja di DPR sudah mencapai 90 persen. Artinya finalisasi dari RUU ini diharapkan bisa dicapai dalam waktu dekat.
 
"Ini sudah kita lakukan pembahasan, sampai sekarang sudah 90 persen dibahas," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 15 September 2020.
 
Ia menambahkan hampir seluruh klaster strategis yang ada dalam RUU ini sudah disepakati. Bahkan hampir semua klaster sudah mendapat persetujuan dari pada partai politik yang ada di DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hampir seluruh klaster strategis apakah terkait SWF terkait klaster tenaga kerja, kepastian hukum, UMKM dan koperasi, ini hampir seluruhnya sudah mendapatkan persetujuan dengan parpol," jelas dia.
 
Menurutnya, saat ini RUU Cipta Kerja tinggal memasuki finalisasi legal drafting. Di samping itu juga masih dilakukan pembahasan mengenai harmonisasi dari beberapa pasal krusial, serta sinkronisasi perumusan RUU omnibus law ini.
 
Anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin sebelumnya memastikan pembahasan RUU Cipta Kerja akan diselesaikan dalam waktu dekat. Pembahasan termasuk isu ketenagakerjaan yang dilakukan oleh pemerintah bersama pengusaha dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), serta perwakilan 16 federasi pekerja.
 
"Saat ini pembahasan Omnibus Law Ciptaker sudah mencapai 80 persen. Harapannya pada masa sidang tahun 2020 ini, RUU Omnibus Law Ciptaker bisa disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat," kata Nurul Arifin saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis, 10 September 2020.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif