Darmin: Perry Warjiyo Sosok Komplet untuk BI
Menko Perekonomian Darmin Nasution (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta: Perry Warjiyo dianggap sebagai sosok yang komplet untuk menakhodai bank sentral Indonesia. Hal itu sejalan dengan Perry Warjiyo yang resmi menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 menggantikan Agus DW Martowardojo yang memasuki masa purnabakti.

"Orang yang menurut saya cukup komplet," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution, usai pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia, di Gedung MA, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Mei 2018.

Darmin mengatakan bank sentral sudah lama dipimpin oleh orang dari luar institusi tersebut. Menurut Darmin dengan terpilihnya Perry Warjiyo yang merupakan pejabat karier BI untuk menjadi gubernur baru dapat diartikan memberikan kepercayaan bagi orang dalam memimpin otoritas moneter di negeri ini.



Selain itu, kata Darmin, Perry dianggap sebagai sosok yang bukan hanya berpihak pada kebijakan moneter semata atau sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Namun, lanjut Darmin, Perry juga merupakan sosok yang memiliki perhatian pada UMKM serta pada pegawai di internal BI.

"Jadi saya melihat kerja sama antara pemerintah dan BI akan makin lancar dan makin kuat," tukas mantan Gubernur BI ini.

Selain Darmin yang menghadiri acara pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI, turut dihadiri pula oleh Mantan Gubernur BI Agus Martowardojo, Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah.

 



(ABD)