Sri Mulyani Rombak 366 Pejabat Eselon III
Sri Mulyani Rombak 366 Pejabat Eselon III. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya)
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merombak 366 pejabat eselon III di lima satuan tugas. Pelantikan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Hadiyanto dan disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Dengan ini resmi melantik saudara-saudara dalam jabatan yang baru  di lingkungan Kemenkeu. Saya percaya saudara-saudara melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ucap Hadiyanto membacakan naskah pelantikan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Mei 2018.

Adapun jumlah pejabat yang dilantik terdiri dari lima pejabat Sekretariat Jenderal, 178 pejabat Ditjen Pajak, 129 pejabat Ditjen Perbendaharaan, 52 pejabat Ditjen Kekayaan Negara, dan dua pejabat Ditjen Perimbangan Keuangan.

Sementara itu, Sri Mulyani turut memberikan arahan dalam pelantikan tersebut. Wanita yang akrab disapa Ani ini mengingatkan, eselon tiga merupakan jabatan yang penting. Dalam suatu organisasi, Ani mengibaratkan eselon III layaknya manajer atau middle management yang menjadi posisi kunci sebuah organisasi menjadi baik atau buruk.

"Posisi Anda sangat dekat dengan semua staf di Kemenkeu, sehingga yang disebut role, peran, model kepemimpinan, figur yang dianut dijadikan acuan itu Anda semua," ujar Ani.

Dia juga mengingatkan bahwa baru-baru ini Kementerian Keuangan mendapat tamparan dengan adanya operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang melibatkan salah satu pegawai Kemenkeu di tingkat eselon IV. Dari musibah tersebut menjadi pelajaran bahwa peran eselon tiga sebagar manager sangat penting untuk membimbing dan mencegah jajaran yang ada di bawahnya.

"Saya harap Anda semua diberikan tuntunan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab anda, dan selalu diingatkan hati nurani untuk menjalankan tugas," tandas Ani.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360