Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar

Pemerintah Siapkan Pinjaman Tanpa Bunga untuk Rumah Tangga

Ekonomi Stimulus Ekonomi Imbas Korona Pemulihan Ekonomi
Eko Nordiansyah • 06 Agustus 2020 13:12
Jakarta: Pemerintah tengah menyiapkan skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga. Bantuan pinjaman ini sebagai bagian dari perluasan dan tambahan bantuan sosial (bansos) untuk program perlindungan sosial bagi masyarakat.
 
Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan pinjaman tanpa bunga akan mempermudah rumah tangga mendapat dana murah. Namun, ia tak menjelaskan lebih rinci mengenai skema yang akan diterapkan.
 
"Direncanakan akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga sehingga bisa diakses oleh rumah tangga lebih murah, lebih longgar. Itu yang sedang disiapkan oleh pemerintah di luar skema (bansos) yang sudah ada," kata dia dalam webinar di Jakarta, Kamis, 6 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yustinus menambahkan, pemerintah juga tengah menyiapkan skema pemberian bansos kepada pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta. Ada Rp31,2 triliun dana yang disiapkan pemerintah untuk 13 juta pekerja sebagai supaya meningkatkan daya beli.
 
"Akan ada bansos untuk pekerja yang gajinya di bawah Rp5 juta sebulan supaya ada tambahan daya beli, supaya mereka terbantu, terperhatikan," ungkapnya.
 
Selain itu, pemerintah juga akan memberikan bansos produktif kepada 12 juta pelaku usaha mikro (UMK). Nantinya mereka akan mendapatkan bantuan modal sebesar Rp2,4 juta per pelaku usaha dengan total anggaran Rp28 triliun.
 
"Kemarin juga Ibu Menteri (Keuangan) mengatakan akan ada tambahan beras untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Lalu ada tambahan cash Rp500 ribu untuk penerima Kartu Sembako. Jadi ini luar biasa, pemerintah all out," pungkas dia.
 
(DEV)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif