Kepala Bappenas Suharso Monoarfa - - Foto: Antara/ Puspa Perwitasari
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa - - Foto: Antara/ Puspa Perwitasari

Bappenas Prediksi Ekonomi RI Masih Tumbuh Positif di 2020

Ekonomi pertumbuhan ekonomi bappenas
Eko Nordiansyah • 12 Mei 2020 15:07
Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bappenas memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini masih akan positif meski terdampak pandemi virus korona (covid-19). Meski begitu, pertumbuhan ekonomi akan sulit mencapai 2,3 persen sebagaimana skenario pemerintah.
 
"Mudah-mudahan kita benar-benar bisa rata-rata 2,3 persen pada 2020. Saya pribadi, mencatatnya tidak 2,3 persen, di bawah 2,3 persen tapi masih positif," kata kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rakorbangpus secara virtual di Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Suharso menambahkan pertumbuhan ekonomi pada 2020 akan sulit sebagaimana tercermin pada kuartal I kemarin. Pertumbuhan ekonomi tercatat hanya 2,97 persen atau lebih rendah dari kuartal I-2019, bahkan tumbuh negatif dari kuartal sebelumnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena yang terjadi penurunan dalam, kontraksi pada kuartal II yang April sampai Juni, Juli mungkin akan lumayan. Bergantung pada bagaimana pemulihan ekonomi kita," jelas dia.
 
Bukan hanya pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka juga diprediksi bertambah 4,22 juta orang pada tahun ini. Angka pengangguran meningkat karena banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi covid-19 ini.
 
Sementara itu, angka kemiskinan berpotensi meningkat dari 9,22 persen pada tahun lalu. Padahal dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), angka kemiskinan ditargetkan turun di bawah sembilan persen atau 8,5 persen.
 
"Karenanya kita koreksi sedemikian rupa, kalau kita bisa bekerja dengan luar biasa, kita bisa mencapai 9,7 atau 9,2 persen. Meski saya kurang yakin. Saya khawatir dengan tingkat kemiskinan, tapi kalau bisa kita tekan, mudah-mudahan bisa dengan upaya kita," pungkasnya.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif