Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : AFP.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : AFP.

Pinjaman Rumah Tangga Tanpa Bunga Masih Digodok

Ekonomi suku bunga
Eko Nordiansyah • 10 Agustus 2020 19:19
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut rencana pemberian pinjaman tanpa bunga kepada rumah tangga masih dimatangkan. Saat ini mekanisme penyaluran pinjamannya masih digodok oleh instansi terkait.
 
"Untuk pinjaman tanpa bunga ini, kita masih menunggu dari satgas dan kelompok pelaksanaannya yaitu melalui perbankan untuk bagaimana desainnya," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 10 Agustus 2020.
 
Sampai saat ini Sri Mulyani belum bisa membeberkan siapa saja yang menjadi target dalam program ini. Namun, pemerintah memastikan bawah rumah tangga yang bisa mendapatkan pinjaman adalah mereka yang memiliki usaha dan belum terakses perbankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahwa target grupnya didefinisikan siapa mereka punya nama, rumah tangga itu punya usaha, punya namanya, punya alamatnya. Dan mungkin juga mulai masuk ke perbankan, dia apakah pinjam ke perbankan," ungkapnya.
 
Rencananya, pemerintah akan menggandeng bank yang selama ini sudah punya akses untuk pembiayaan kepada usaha kecil dan menengah (UKM) seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Bank pembangunan daerah (BPD), ataupun bank lainnya.
 
Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo sebelumnya mengatakan, pinjaman tanpa bunga akan mempermudah rumah tangga mendapat dana murah. Namun, Ia tak menjelaskan lebih rinci mengenai skema yang akan diterapkan.
 
"Direncanakan akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga sehingga bisa diakses oleh rumah tangga lebih murah, lebih longgar. Itu yang sedang disiapkan oleh pemerintah di luar skema (bansos) yang sudah ada," kata dia.
 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif