Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Bank Dunia: Dampak Covid-19 ke Ekonomi Bisa Berkepanjangan

Ekonomi Bank Dunia Pertumbuhan Ekonomi Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 29 September 2020 11:47
Jakarta: Bank Dunia menilai pandemi covid-19 dapat menimbulkan dampak yang berkepanjangan. Terutama dampaknya pada angka pertumbuhan inklusif untuk jangka yang lebih panjang dengan menurunkan investasi, modal manusia, dan produktivitas.
 
Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik, Aaditya Mattoo mengatakan kondisi utang negara dan swasta bisa meningkat seiring memburuknya neraca perbankan dan meningkatnya ketidakpastian. Bahkan kemungkinan investasi terhambat dan menjadi risiko bagi stabilitas perekonomian.
 
"Masyarakat yang sakit, tidak punya pekerjaan, dan ditutupnya sekolah-sekolah dapat mengakibatkan terkikisnya modal manusia dan hilangnya pendapatan yang berlangsung sepanjang hidup," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 29 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan tutupnya perusahaan dan gangguan pada hubungan antara perusahaan dengan para pekerjanya dapat mengurangi produktivitas melalui hilangnya aset-aset tak berwujud yang bernilai.
 
Selain itu, gangguan terhadap kegiatan perdagangan dan rantai nilai global (global value chains) dapat merusak produktivitas dengan adanya berbagai alokasi sumber daya yang tidak terlalu efisien di lintas-sektor maupun lintas perusahaan dan meredam penyebaran teknologi.
 
Jika tidak diperbaiki, Matto menyebut, berbagai konsekuensi dari pandemi ini dapat mengurangi pertumbuhan regional selama satu dekade ke depan sebesar satu poin persentase per tahun. Hal ini yang perlu diantisipasi oleh negara-negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik, termasuk Indonesia.
 
"Masyarakat miskin akan menjadi tidak berdaya secara tidak proporsional diakibatkan menurunnya akses kepada layanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan, dan keuangan," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif