Ilustrasi anggaran pemulihan ekonomi nasional - - Foto: dok AFP
Ilustrasi anggaran pemulihan ekonomi nasional - - Foto: dok AFP

Pengurangan Anggaran PEN 2021 Bakal Memperlambat Pemulihan Ekonomi

Ekonomi apindo APBN 2021 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 26 November 2020 14:33
Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengaku khawatir dengan pemulihan ekonomi tahun depan yang diprediksi masih penuh ketidakpastian. Apalagi pemerintah justru mengurangi alokasi anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di 2021.
 
"Ini jelas kami khawatirkan akan mempengaruhi pemulihan ekonomi di 2021," kata Wakil Ketua Apindo Shinta Kamdani dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis, 26 November 2020.
 
Ia menambahkan, pemotongan anggaran pada tahun depan terjadi di sejumlah sektor yang seharusnya menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional seperti dukungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pembiayaan korporasi, dan insentif usaha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terjadi pemotongan stimulus PEN sebesar lebih dari 50 persen pada komponen UMKM, pembiayaan korporasi, insentif usaha dan lain-lain. Ini jelas akan mempengaruhi pemulihan ekonomi," jelas dia.
 
Pada tahun depan pemerintah mengalokasikan anggaran program PEN sebesar Rp365,5 triliun atau lebih rendah dari Rp695,2 triliun di 2020. Meskipun masih ada enam klaster seperti tahun ini, namun alokasi anggaran di masing-masing klaster justru menurun.
 
Shinta menyebutkan, pemulihan ekonomi 2021 juga dipengaruhi oleh bagaimana pengendalian pandemi covid-19. Walaupun ada harapan dengan ditemukannya vaksin covid-19, namun ketersediaan hingga distribusinya masih harus diperhatikan pemerintah.
 
"Khususnya apabila pengendalian covid juga berjalan lambat atau vaksin walau sudah ditemukan tidak cukup untuk bisa meningkatkan confident konsumsi pasar domestik dan internasional secara signifikan," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif