Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso - - Foto: dok OJK
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso - - Foto: dok OJK

Struktur Ekonomi yang Berbeda Bikin Ekonomi RI Cepat Pulih

Ekonomi OJK Krisis Ekonomi Pemulihan Ekonomi Nasional
Annisa ayu artanti • 24 November 2020 12:30
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai krisis ekonomi akibat pandemi covid-19 sudah mulai teratasi. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki struktur ekonomi yang berbeda sehingga ekonomi nasional diklaim pulih lebih cepat.
 
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang perekonomiannya didukung oleh permintaan domestik yang tinggi.
 
"Kita island country lebih banyak didukung domestik demand sehingga kita mempunyai kemungkinan dan potensi recover lebih cepat," kata Wimboh dalam acara CEO Networking 2020, Selasa, 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kinerja ekonomi dari kegiatan ekspor dan impor Indonesia juga tidak terlalu dominan. Hal itu yang diperkirakan membuat perbaikan ekonomi Indonesia bisa lebih mudah.
 
"Ini lah kesempatan kita untuk meyakini kita bisa cukup tumbuh lebih gampang," imbuhnya.

 
Di sisi lain, mengacu perkembangan ekonomi dunia terakhir, IMF juga telah merevisi keatas pertumbuhan ekonomi. Perbaikan perekonomian Amerika Serikat dan Tiongkok menjadi salah satu tolak ukur yang diyakini negara-negara lain termasuk Indonesia sebagai tanda-tanda perbaikan ekonomi global.
 
Kemudian perbaikan ekonomi juga dilihat dari indikator PMI yang juga mengalami peningkatan. Indonesia mencatat perbaikan PMI Oktober 2020 mengalami perbaikan 47,2 menjadi 48.
 
"Kita, baik global dan domestik sudah dapat kami katakan bahwa ada tanda-tanda perbaikan," jelasnya.
 
Wimboh menambahkan adanya tanda-tanda perbaikan tersebut tinggal diikuti dengan upaya percepatan pemulihan nasional sehingga pemulihan ekonomi lebih cepat.

 
"Sehingga yang akan kami sampaikan, apa yang kita lakukan untuk Indonesia, kebijakan apa saja, bagaimana kondisi status terakhir kondisi ekonomi dan keuangan kita, dan bagaimana kita bisa mempercepat, apa yang harus kita lakukan di 2021. Sehingga spirit percepatan ini bisa kita deliver dengan baik," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif