Ketua MPR Bambang Soesatyo. FOTO: MPR
Ketua MPR Bambang Soesatyo. FOTO: MPR

Pemerintah Diminta Kerja Lebih Keras Respons Proyeksi Bank Dunia

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Virus Korona Ekonomi Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional
Angga Bratadharma • 30 September 2020 15:05
Jakarta: Pemerintah diminta bekerja lebih keras bahu membahu guna percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan mempersiapkan beberapa strategi. Langkah itu dalam merespons proyeksi Bank Dunia terhadap perekonomian Indonesia dengan skenario terburuk yang diperkirakan mengalami minus dua persen.
 
Adapun proyeksi Bank Dunia itu tercantum dalam laporan prospek ekonomi kawasan Asia Timur dan Pasifik. Dalam laporannya, Indonesia dinilai menghadapi risiko pemulihan ekonomi yang lebih lambat dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya yang artinya perlu ada langkah cepat dan tepat untuk meresponsnya.
 
Terkait hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah menanggapi sorotan Bank Dunia yang menilai Indonesia belum berhasil mengendalikan penyebaran covid-19. Dorongan itu dengan menyampaikan bahwa Indonesia masih terus berupaya semaksimal mungkin dalam menanggulangi dan menangani pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengingat kesulitan di Indonesia sangat beragam dan jangkauan menjadi kendala karena geografis Indonesia merupakan negara kepulauan," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, dalam keterangan resminya, Rabu, 30 September 2020.
 
Lebih lanjut, ia mengapresiasi pemerintah dalam menangani pemulihan ekonomi yang fokus pada perekonomian kemasyarakatan, seperti mengoptimalkan pemberian stimulus kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan bantuan pemerintah, baik masyarakat miskin maupun masyarakat yang rentan.
 
"Lebih dari itu MPR berpendapat pemerintah tetap konsisten terhadap pemberian sembako, masker, hingga bantuan dana secara gratis bagi masyarakat miskin maupun masyarakat yang rentan," ucapnya.
 
Selain itu, ia mendorong pemerintah melindungi dan menaruh perhatian yang lebih kepada masyarakat miskin dan rentan yang memiliki keterbatasan akses layanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan, dan keuangan. Kemudian, mengoptimalkan pemberian bantuan sosial kepada mereka agar pandemi covid-19 tidak menambah beban hidup mereka semakin berat.
 
"Menegaskan kepada pemerintah target pemulihan ekonomi saat ini bergantung pada upaya pengendalian covid-19, dan pemulihan covid-19 harus mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, dan pemerintah segera menuntaskan penelitian serta penemuan dan distribusi vaksin covid-19 agar segera diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif