Presiden Joko Widodo. FOTO: Medcom
Presiden Joko Widodo. FOTO: Medcom

Pidato Nota Keuangan RAPBN 2021

Live: Pemerintah Rogoh Kocek Rp30,5 Triliun Bangun ICT

Ekonomi jokowi Ekonomi Indonesia Sidang Tahunan MPR RI 2020 Pidato Presiden
Husen Miftahudin • 14 Agustus 2020 15:19
Jakarta: Pemerintah menetapkan anggaran pembangunan teknologi komunikasi dan informasi atau Information and Communication Technology (ICT) di 2021 sebesar Rp30,5 triliun. Anggaran ini termasuk juga untuk membangun Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).
 
Presiden Joko Widodo dalam Pidato Presiden RI Atas RUU tentang Tahun Anggaran 2021 beserta Nota Keuangannya mengungkapkan anggaran ini akan difokuskan untuk mengakselerasi transformasi digital. Tujuannya untuk penyelenggaraan pemerintahan serta mewujudkan pelayanan publik yang efisien dan cepat, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.
 
"Lalu untuk mengkonsolidasi dan mengoptimasi infrastruktur dan layanan bersama; serta mewujudkan inklusi masyarakat di wilayah prioritas pembangunan dan mendorong kesetaraan dengan tambahan akses internet pada sekitar 4.000 desa dan kelurahan di daerah 3T," ungkap Jokowi, dalam Pidato Nota Keuangan, di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya untuk pembangunan infrastruktur pada 2021, pemerintah menggelontorkan anggaran sebanyak Rp414 triliun. Anggaran ini utamanya akan digunakan untuk pemulihan ekonomi, penyediaan layanan dasar, serta peningkatan konektivitas.
 
"Pandemi covid-19 menunjukkan bahwa ketersediaan dan berfungsinya infrastruktur digital menjadi sangat penting dan strategis," ucapnya.
 
Dengan demikian, lanjut Jokowi, belanja infrastruktur diarahkan untuk penguatan infrastruktur digital. Kemudian untuk mendorong efisiensi logistik dan konektivitas, untuk infrastruktur padat karya yang mendukung kawasan industri dan pariwisata, serta pembangunan sarana kesehatan masyarakat dan penyediaan kebutuhan dasar.
 
"Seperti air, sanitasi, dan permukiman," pungkas Jokowi.
 
(ABD)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif