Ilustrasi bansos - - Foto: Antara/ Yulius Satria
Ilustrasi bansos - - Foto: Antara/ Yulius Satria

Belanja Bansos Capai Rp61,4 Triliun hingga April 2020

Ekonomi kementerian keuangan bansos
Eko Nordiansyah • 20 Mei 2020 18:57
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi belanja bantuan sosial (bansos) hingga April 2020 mencapai Rp61,4 triliun. Belanja bansos tumbuh 13,7 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan peningkatan belanja bansos ditopang oleh pencairan bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ada di bawah Kementerian Kesehatan.
 
"Bantuan pangan di Kemensos juga terlihat peningkatan belanja bansos, pertumbuhannya 34,9 persen," katanyavideo conferencedi Jakarta, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Belanja bansos terdiri dari rehabilitasi sosial sebesar Rp100 miliar, jaminan sosial (PBI JKN) Rp27,3 triliun, pemberdayaan sosial Rp300 miliar, perlindungan sosial (PKH) Rp16,9 triliun, dan penanggulangan kemiskinan (kartu sembako) Rp16,9 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini terus kita jalankan karena ini bagian dari progam pemulihan ekonomi sehingga PKH ini terus meningkat disalurkan secara bulanan, kartu sembako dengan nilai manfaat Rp200 ribu, bansos sembako tunai dan seterusnya," jelas dia.
 
Penyaluran bansos menjadi salah satu upaya pemerintah mengurangi dampak covid-19 melalui jaring pengaman sosial (social safety net). Untuk PKH tercatat ada 9,96 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang sejak April menerima bantuan secara bulanan.
 
Selain itu, penerima kartu sembako mencapai 17,9 juta KPM dengan nilai Rp200 ribu per bulan. Ada pula bansos sembako bagi keluarga penerima manfaat yang ada di wilayah Jabodetabek, dan bansos tunai untuk warga di luar Jabodetabek.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif