Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: am2018bali)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: am2018bali)

Menkeu Tekankan Perlunya Bangun Sistem Jaminan Kesehatan

Ekonomi kesehatan pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia
03 Juli 2019 08:36
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan perlunya membangun sistem jaminan kesehatan di negara yang memiliki demografi penduduk usia muda, terutama Indonesia. Hal itu penting karena merupakan sumber daya yang baik guna mendukung pertumbuhan ekonomi.
 
"Untuk negara seperti Indonesia yang demografinya masih muda, perlu membangun sistem jaminan kesehatan," kata Ani, sapaan akrabnya, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Rabu, 3 Juli 2019.
 
Menkeu mengatakan isu tentang sistem jaminan kesehatan tersebut dibahas dalam pertemuan gabungan tingkat menteri antara menteri keuangan dan menteri kesehatan dari negara-negara yang terlibat dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Jepang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan di negara yang populasi penduduknya menua, biaya kesehatannya meningkat pesat dan hal tersebut menimbulkan tekanan terhadap keuangan negara mereka. Sedangkan di negara dengan demografi penduduk masih muda seperti Indonesia, sistem jaminan kesehatan perlu dibangun.
 
Pembangunan sistem jaminan tersebut perlu dilakukan, agar bisa menangkap kebutuhan populasi penduduk di negara terkait. Ia juga menekankan perlu membangun fondasi awal agar sistem jaminan kesehatan nasional di negara tersebut bisa memberikan layanan yang baik, sekaligus tetap sesuai dengan daya dukung keuangan masyarakat maupun keuangan negara.
 
Selain membahas isu jaminan kesehatan, ada juga pembahasan tentang perubahan iklim dalam KTT G20 yang digelar di Osaka, Jepang, meski tidak ada perubahan yang berarti sejak perundingan sebelumnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif