Gedung Kementerian Keuangan (Foto: Setkab)
Gedung Kementerian Keuangan (Foto: Setkab)

Pemerintah Berencana Batasi Impor Barang Konsumsi

Ekonomi pertumbuhan ekonomi impor ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 15 Agustus 2018 08:28
Jakarta: Pemerintah melaui Kermenterian Keuangan (Kemenkeu) berencana membatasi impor barang konsumsi yang masuk ke Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk menekan defisit transaksi berjalan (CAD) yang melebar karena tingginya impor sementara ekspor masih terbatas.
 
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Suahasil Nazara mengatakan pemerintah akan menggunakan berbagai instrumen untuk menahan masuknya impor barang konsumsi. Apalagi beberapa impor barang konsumsi merupakan barang yang bisa diproduksi di dalam negeri.
 
"Barang konsumsi tadi diidentifikasi lebih dari 500 jenis komoditas yang bisa diproduksi dalam negeri. Ini kami lakukan sebagai langkah-langkah kendalikan impor," kata Suahasil, ditemui di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengendalikan adalah dengan mengenakan Pajak Penghasilan (PPh) Impor. Namun dirinya menyebut pengenaan PPh Impor harus melihat jenis barang yang diimpor serta kebijakan impor barang tersebut seperti apa.
 
Selain itu, Kemenkeu akan meminta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mengidentifikasi setiap barang yang masuk ke Indonesia. Nantinya pemerintah bisa mengenakan tarif bea masuk untuk mengerem masuknya barang impor yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
 
"Yang kami lakukan bukan menghentikan konsumsi, kita butuh pertumbuhan dari konsumsi malah, tapi yang kami butuhkan adalah pertumbuhan konsumsi barang domestik," tukas dia.
 
Rencananya pembatasan impor barang konsumsi ini akan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai payung hukumnya. Sejauh ini, Suahasil menjelaskan, ketentuan yang akan diatur dalam PMK masih dikaji dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif