Darmin: Butuh Perjuangan Capai Target Pertumbuhan Ekonomi
Gedung Kemenko Perekonomian (Foto: Setkab)
Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menilai momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia tengah positif sekarang ini. Namun, tidak ditampik pencapaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2018 belum sesuai target dan lebih rendah dibandingkan dengan kuartal IV-2017.

"Nah itu memang perlu perjuangan (mencapai pertumbuhan ekonomi sesuai target)," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 7 Mei 2018.

Pada kuartal I-2018, ekonomi Indonesia tercatat tumbuh sebesar 5,06 persen. Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 5,01 persen, tapi pertumbuhan ekonomi di bawah pencapaian kuartal IV-2017 yang sebesar 5,19 persen.

Pencapaian ini tak sesuai ekspektasi pemerintah yang sebelumnya mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi mampu menembus level 5,1 persen. Apalagi dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018, pemerintah menargetkan ekonomi tumbuh hingga 5,4 persen.



"Saya kan pernah singgung beberapa minggu lalu bahwa tahun ini (ekonomi) bergeser ke April dan itu mengurangi pertumbuhan. Kalau di lihat sektor pertanian lebih rinci, itu pangan, kelompok pangan negatif," lanjut Darmin.

Dirinya menambahkan konsumsi yang hanya tumbuh 4,95 persen memang membuat pertumbuhan ekonomi tak seperti yang diharapkan. Namun, di sisi lain, pertumbuhan investasi dan surplus neraca perdagangan perlu didorong agar lebih baik lagi ke depannya.

"Yang harus didorong memang investasi dan ekspor. Kalau dilihat investasi pertumbuhannya bagus, itu tertinggi dalam dua tiga tahun terakhir. Tapi ekspornya walau positif, impornya tumbuh lebih tinggi," pungkasnya.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id