Ilustrasi stimulus pemerintah untuk dongrak ekonomi RI - - Foto: Medcom
Ilustrasi stimulus pemerintah untuk dongrak ekonomi RI - - Foto: Medcom

Pemerintah Disarankan Lanjutkan Stimulus untuk Pemulihan Ekonomi

Ekonomi Stimulus Ekonomi Imbas Korona pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 30 Oktober 2020 11:04
Jakarta: Organisasi internasional The ASEAN + 3 Macroeconomic Research Office (AMRO) menyebut implementasi bauran kebijakan stimulus yang efektif dapat mendukung kegiatan ekonomi Indonesia serta mempercepat pemulihan perekonomian.
 
"Upaya baru-baru ini untuk mempercepat pencairan paket fiskal cukup menggembirakan dan dapat lebih ditingkatkan," kata Kepala Ekonom The AMRO Sumio Ishikawa dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Ia menambahkan, restrukturisasi pinjaman bank dapat diperpanjang untuk mengurangi risiko gagal bayar antara rumah tangga dan bisnis. Kemudian sinergi kebijakan dan komunikasi yang efektif juga merupakan hal penting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jalan keluar yang mulus dari langkah-langkah kebijakan luar biasa diperlukan untuk menghindari efek yang lebih buruk dan untuk memfasilitasi transisi menuju pemulihan ekonomi penuh," jelas dia.
 
Ishikawa menyebut komitmen pemerintah untuk memulihkan aturan fiskal mulai 2023 dan seterusnya akan membantu memperkuat kepercayaan pasar dan membangun ruang kebijakan, pascapandemi. Otoritas berwenang dapat mempertimbangkan rencana konsolidasi fiskal melalui peningkatan penerimaan pajak dan peningkatan efisiensi pengeluaran.
 
Selain itu, Bank Indonesia (BI) perlu terus berkoordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk mempercepat pemulihan ekonomi dengan tetap menempuh bauran kebijakan yang berhati-hati dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan keuangan.

 
"Reformasi berkelanjutan di bidang diversifikasi ekonomi, iklim investasi, infrastruktur, dan pengembangan sumber daya manusia akan memperkuat ketahanan terhadap guncangan di masa depan," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif