Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.

Menkeu: Sistem Pengelolaan Keuangan RI Dapat Diandalkan saat Pandemi

Ekonomi Sri Mulyani Kementerian Keuangan
Antara • 26 Oktober 2020 18:53
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai sistem pengelolaan keuangan dan perbendaharaan Indonesia berada dalam kondisi sangat baik dan dapat diandalkan di tengah tekanan pandemi covid-19.
 
Sri Mulyani mengatakan baiknya sistem pengelolaan keuangan dan perbendaharaan Indonesia terbentuk karena telah dilakukan reformasi sejak 16 tahun yang lalu yaitu sekitar 2003.
 
"Dengan reformasi ini, kita melihat fungsi perbendaharaan di Indonesia semakin lama semakin membaik," katanya dalam diskusi daring, dikutip dari Antara, Senin, 26 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Mulyani menuturkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang didapat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI turut menjadi bukti bahwa seluruh pengelolaan perbendaharaan negara dilakukan dengan prinsip akuntansi yang baik.
 
Menurut dia, sistem perbendaharaan yang baik membuat pemerintah bisa melakukan adjustment yang adaptif dan responsif terhadap dampak krisis pandemi covid-19.
 
"Sistem yang reliable dari sisi keuangan negara membuat kita mampu untuk segera melakukan adjustment, adaptif, responsif. Itu bisa dilakukan secara luar biasa, segera, dan fleksibel," ujarnya.
 
Menkeu menjelaskan pemerintah sempat mereformasi sistem pengelolaan perbendaharaan dan keuangan negara melalui tiga paket Undang-Undang (UU) pada sekitar 2003 sampai 2004 silam.
 
Ketiga UU tersebut masing-masing tentang tentang keuangan negara, perbendaharaan negara dan pengawasan serta pertanggungjawaban keuangan negara.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif