Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Medcom.id/ Eko Nordiansyah
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Medcom.id/ Eko Nordiansyah

BI: Inflasi Juli 0,12%

Ekonomi inflasi bank indonesia
Eko Nordiansyah • 05 Juli 2019 14:27
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Juli 2019 lebih rendah. Berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan bank sentral selama pekan pertama bulan ini, inflasi diprediksi 0,12 persen secara month to month (mtm) dan 3,12 persen year on year (yoy).
 
"Ini jauh lebih rendah dari inflasi dua bulan sebelumnya Mei dan Juni," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Perry menambahkan inflasi pada Mei dan Juni memang sedikit mengalami kenaikan sesuai pola musimannya. Pasalnya, pada dua bulan belakangan tersebut terdapat momen Ramadan dan Idulfitri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Perry, sejumlah komoditas mengalami penurunan harga pada awal bulan ini. Bahkan sejumlah bahan makanan mencatatkan deflasi, serta angkutan antarkota yang juga mengalami deflasi di awal Juli ini.
 
"Banyak komoditas yang mengalami penurunan, baik yang terkait bahan makanan seperti daging ayam ras kemudian bawang merah, bawang putih yang bulan-bulan sebelumnya terjadi inflasi bulan ini terjadi deflasi. Dan juga tarif angkutan antarkota juga terjadi deflasi 0,08 persen," jelas dia.
 
Rendahnya inflasi pada Juli, lanjut dia, akan mendukung tercapainya sasaran inflasi tahun ini. BI memperkirakan inflasi 2019 berada pada level 3,5 plus minus satu persen.
 
"Jadi ini inflasi kembali kepada polanya, rendah dan terkendali. Dan ini mengonfirmasi perkiraan kami bahwa inflasi akhir tahun ini insyaallah akan lebih rendah dari titik tengah sasaran 3,5 persen," pungkasnya.
 


 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif