Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo)

BI: Investasi Asing Tumbuh Rp19,2 Triliun

Ekonomi pertumbuhan ekonomi bank indonesia ekonomi indonesia
Ilham wibowo • 25 Januari 2019 15:07
Jakarta: Bank Indonesia (BI) meyakini investor asing mulai percaya menanamkan modalnya di Tanah Air. Hal itu ditunjukkan dari besaran investasi yang terus tumbuh dan diharapkan nantinya bisa berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di sepanjang tahun ini.
 
"Aliran modal asing terus masuk ke Indonesia. Alhamdulillah kepercayaan dari investor asing terus tumbuh untuk berinvestasi di Indonesia," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.
 
Perry memaparkan hasil pemantauan perkembangan investasi tersebut untuk bulan pertama 2019 yakni investasi melalui Surat berharga Negara (SBN), saham, maupun obligasi korporasi terbilang tumbuh positif.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Investasi portofolio sampai tanggal 24 Januari 2019 itu aliran asing masuk ke Indonesia totalnya adalah Rp19,2 triliun," ungkapnya.
 
Catatan baik ini buah kebijakan ekonomi yang dilakukan pemerintah, BI maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nilai investasi di Tanah Air, kata Perry, juga mendorong nilai tukar mata uang rupiah menjadi stabil dan menguat.
 
"Kegiatan ekonomi Indonesia akan terus naik, itu terbukti dari terus masuknya aliran modal asing khususnya portfolio ke Indonesia di tengah memang kondisi global yang masih tidak menentu," paparnya.
 
Perry optimistis nilai rupiah bakal terus menguat dengan masuknya aliran modal asing yang ikut menambah pemasukan dari pasar valas. Kontribusi kebijakan ekonomi pemerintah hingga kenaikan suku bunga Federal Funds Rate (FFR) yang lebih rendah juga bakal membawa ke arah lebih baik.
 
"Mekanisme pasar valas terus tumbuh baik di pasar spot forward maupun pasar domestik dari non-forward," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi