Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : AFP.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : AFP.

Baru 21,8%, Realisasi Anggaran PEN Rp151,25 Triliun

Ekonomi anggaran pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 10 Agustus 2020 15:38
Jakarta: Kementerian Keuangan mencatat realisasi anggaran untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp151,25 triliun. Realisasi anggaran hingga pekan pertama Agustus ini baru 21,8 persen dari pagu yang disediakan yaitu Rp695,2 triliun.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan anggaran untuk penanganan covid-19 dan program PEN tidak hanya dari pagu yang disiapkan. Pemerintah tetap melihat pagu awal kementerian/lembaga meskipun sudah mengalami refocusing ataupun realokasi.
 
"Tren penyerapannya sudah mulai menunjukan adanya peningkatan, dimana kita juga telah memutuskan bahwa seluruh program bantuan sosial sudah diperpanjang hingga Desember," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 10 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun rincian realisasi anggaran ini adalah, di bidang kesehatan Rp7,1 triliun, perlindungan sosial Rp86,5 triliun, sektoral K/L dan pemerintah daerah Rp8,6 triliun, dukungan UMKM Rp32,5 triliun, pembiayaan korporasi belum terealisasi, serta insentif usaha Rp16,6 triliun.
 
"Kita juga sudah mempercepat proses usulan baru dari berbagai macam klaster dari mulai kesehatan, UMKM, bansos dan juga dari juga sektoral dan pemda," ungkapnya.
 
Dari total pagu yang ada, menurut Sri Mulyani ada Rp313,2 triliun dari pagu yang sudah masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Sementara ada Rp155,9 triliun yang tanpa DIPA karena merupakan insentif perpajakan, serta Rp226,1 triliun yang belum di-DIPA.
 
"Pemerintah juga me-redesign kalau dianggap adanya program sejak awal di desain tidak ada peningkatan pelaksanaan kita lakukan perubahan desain agar dampak bisa betul maksimal di dalam pemulihan ekonomi kita dan kita terus mempercepat proses birokrasinya," pungkas dia.
 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif