Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Kemenko Perekonomian)

Darmin Tidak Khawatir Dampak Kenaikan Tarif Pesawat ke Inflasi

Ekonomi inflasi pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 22 Januari 2019 14:17
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku tak khawatir dengan kenaikan tarif angkutan udara yang bisa berdampak ke inflasi. Apalagi pemerintah mengambil langkah cepat menurunkan tiket pesawat.
 
"Pada saat kita sudah melihat ada kenaikan, buru-buru dikoreksi itu enggak akan keliatan dampaknya (terhadap inflasi)," kata Darmin, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Menurut Darmin inflasi bukan angka yang statis namun bisa bergerak sesuai dengan perkembangan harga. Ketika harga tarif pesawat sudah diturunkan, dirinya yakin dampaknya terhadap inflasi sangat kecil.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan tarif angkutan udara tidak terlalu dominan dalam menyumbang inflasi. Namun tarif angkutan udara masuk tiga besar yang selalu memengaruhi inflasi bersama dengan harga pangan dan biaya pendidikan.
 
"Selama empat lima tahun terkahir, inflasi kita itu bukan lagi memang pangan masih tinggi berpengaruh, tetapi selain itu dia perhubungan (tiket pesawat) baru setelah itu pendidikan, tiga itu saja tapi dia bukan nomor satu," jelas dia.
 
Selain itu, Kementerian Perhubungan telah menetapkan tarif batas atas dan tarif batas bawah untuk angkutan udara. Dalam kondisi tertentu, Darmin menyebut, maskapai bisa menaikkan tarifnya.
 
"Di hari biasa dia main di sekitar tarif bawah, setelah itu peak season dia naik ke tarif atas. Di lapangan, akan terasa naiknya banyak. Tapi dia (maskapai) akan bilang aku kan enggak melanggar tetap di dalam range tarif tapi memang agak besar nih range-nya," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi