Pemerintah Catat Realisasi KUR Capai 38% hingga April 2018
Menko Perekonomian Darmin Nasution (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Perekonomian mencatat realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai 38 persen dari target. Sampai dengan April 2018, nominal penyaluran KUR oleh pemerintah sekitar Rp45,6 triliun dari target Rp120 triliun untuk 2018.

"Kalau realisasi KUR sampai April bagus. Empat bulan mencapai 38 persen dari target tahunan," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Mei 2018.

Dirinya menambahkan dengan realisasi yang ada kemungkinan penyaluran KUR bisa melampaui target yang sudah ditetapkan pemerintah. Hal itu juga ditunjang dengan pemerintah menetapkan bunga KUR sebesar tujuh persen pada tahun ini, atau lebih rendah dari tahun lalu yang sebesar sembilan persen.

"Berarti bisa-bisa plafonnya yang ada tidak cukup, bisa-bisa. Karena kalau empat bulan, sepertiga tahun kan itu 38 persen, kali tiga itu 114 persen jadi ya (lebih dari target), tapi bagus," jelasnya.

Menurut Darmin realisasi penyaluran KUR untuk kegiatan produktif sedikit menurun dibandingkan dengan tahun lalu. Padahal pemerintah menargetkan KUR untuk kegiatan produktif dapat mencapai 50 persen dari plafon yang tersedia, naik dari tahun sebelumnya sebesar 40 persen.

Untuk itu, dirinya berharap, lembaga keuangan yang ditugaskan pemerintah bisa meningkatkan penyaluran KUR produktif sampai dengan akhir tahun ini. Apalagi menjelang masa tanam pertanian pada Mei ini, diharapkan penyaluran KUR bisa lebih ditingkatkan.

"Ya itu kesimpulan besarnya sehingga menurut saya bagus, oke, baik, mudah-mudahan (bisa ditingkatkan). Nanti kita lihat musim tanam kan masuk lagi Mei, Juni, Juli naik lagi enggak persentasenya," pungkasnya.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id