Nilai rupiah diharapkan dapat terus menguat terhadap dolar (Foto: Antara).
Nilai rupiah diharapkan dapat terus menguat terhadap dolar (Foto: Antara).

Penguatan Rupiah Masih dapat Berlanjut

Ekonomi rupiah menguat
Dian Ihsan Siregar • 27 Februari 2018 13:41
Jakarta:‎ Pergerakan rupiah yang dapat memanfaatkan pelemahan USD diharapkan masih dapat berlanjut. Dengan begitu, arah penguatan rupiah dapat semakin kuat untuk menghalau USD yang telah berlari bebas.
 
"Rupiah kami perkirakan masih memiliki peluang untuk dapat bergerak naik tipis," ungkap ‎Analis Senior PT Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada‎, dalam riset hariannya, Selasa, 27 Februari 2018.
 
Untuk itu, Reza menyatakan, ‎tetap cermati dan mewaspadai jika terjadi pembalikan rupiah tejadi. Rupiah diproyeksikan akan bergerak di kisaran support Rp13.675 per USD, sedangkan posisi resisten akan bergerak di kisaran Rp13.640 per USD.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


‎Reza mengatakan, berbeda dengan gerak IHSG, mata uang rupiah mampu melanjutkan kenaikannya hingga penutupan perdagangan Senin, 26 Februari 2018. Meredanya aksi beli pada USD membuat gerak mata uang negeri Paman Sam cenderung melemah tipis.
 
Kondisi tersebut, sebut Reza, dibarengi dengan turunnya sejumlah imbal hasil obligasi AS, sejalan mulai diterimanya potensi kenaikan suku bunga The Fed yang ujungnya ekonomi AS makin pulih. "Itu yang membuat kenaikan USD mereda, dan berdampak ke rupiah," jelas dia.
 
Di sisi lain, lanjut dia, suksesnya penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan cara Private Placement sebesar Rp500 miliar turut berimbas positif pada rupiah.‎ "Rupiah akhirnya mengalami penguatan di sepanjang perdagangan kemarin," pungkas Reza.
 

(FJR)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif