Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Menkeu Waspadai Risiko Ekonomi Global terhadap Pelemahan Ekspor

Ekonomi ekonomi indonesia ekonomi global
Suci Sedya Utami • 18 Februari 2019 21:11
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewaspadai kondisi perekonomian global saat ini yang berdampak pada menurunnya ekspor Indonesia awal tahun ini.
 
Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya penurunan ekspor pada Januari 2019. Ekspor turun 3,24 persen dibanding Desember 2018 menjadi sebesar USD13,87 miliar dan turun 4,70 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai USD14,53 miliar.
 
Ani sapaan akrab dirinya mengatakan penurunan tersebut memang berkaitan dengan kondisi ekonomi negara destinasi ekspor Indonesia seperti Amerika Serikat, Eropa, Tiongkok, Jepang yang diproyeksikan melemah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini yang perlu kita waspadai dalam arti risiko ekonomi global meningkat tentu destinasi ekspor menjadi lebih sulit," kata Ani di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin, 18 Februari 2019.
 
Ia bilang dengan proyeksi ekonomi global yang melemah dan berpengaruh ke dalam negeri, maka strategi untuk mengelola ekonomi harus tetap diseimbangkan. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakankondisi tersebut harus terus diperhatikan sebagai landasan dalam membuat kebijakan terutama untuk mendorong.
 
Dirinya mengatakan pemerintah terus berupaya untuk mengatasi risiko tersebut dengan berbagai cara antara termasuk mendiversifikasi negara tujuan ekspor serta mempermudah layanan ekspor.
 
"Kita juga akan tetap gunakan instrumen pajak, bea cukai. Di berbagai regulasi kita masukkan juga dari pengusaha, kita dengarkan langsung dari pengusaha," jelas dia.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi