Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: dok Kementerian Keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: dok Kementerian Keuangan

Sri Mulyani Jamin Satgas Bakal Kejar Seluruh Obligor/Debitur BLBI

Ekonomi Sri Mulyani Kasus BLBI obligor blbi BLBI aset negara Satgas BLBI Piutang Negara
Eko Nordiansyah • 25 November 2021 13:56

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI (Satgas BLBI) akan mengejar seluruh obligor dan debitur untuk menyelesaikan hak tagih negara. Meskipun Satgas BLBI masih dihadang berbagai kendala dalam menjalankan tugasnya.

"Saya sudah mendapatkan laporan dari Ketua Satgas mengenai masih cukup banyak halangan yang dihadapi Satgas ini. Jadi meskipun Pak Mahfud, kami semuanya terus memberikan dorongan, kita juga melihat masih ada halangan," katanya dalam video conference, Kamis, 25 November 2021.

Ia mengungkapkan, sejauh ini ada obligor/debitur yang tidak beriktikad baik. Ada yang mangkir dan tidak mengirimkan perwakilannya, ada pula yang beritikad baik tapi masih berusaha menghitung kembali hak tagihnya, hingga halangan untuk mengeksekusi aset-aset tersebut.

"Oleh karena itu, saya berharap Satgas BLBI akan mengerahkan seluruh upaya dan daya secara efektif, efisien, sesuai dengan Keppres yang sudah diberikan untuk bisa menangani, menyelesaikan, dan memulihkan hak-hak negara. Termasuk dalam hal ini melakukan upaya hukum dan atau upaya lainnya, penyitaan aset, termasuk didalamnya," ungkap dia.
 
Sri Mulyani Jamin Satgas Bakal Kejar Seluruh Obligor/Debitur BLBI
Ilustrasi obligor kasus BLBI - - Foto: dok Medcom

Sri Mulyani menambahkan Satgas BLBI akan terus bekerja sama dengan kementerian/lembaga lainnya agar dapat memburu seluruh obligor/debitur di dalam maupun luar negeri. Selain itu, ia berharap Satgas BLBI bisa menyelesaikan seluruh tugasnya sesuai dengan time line yang telah ditetapkan pemerintah.

"Mereka yang berada di Indonesia maupun saat ini tidak ada di Indonesia tidak menghalangi kita untuk bisa mendapatkan hak tagih kita. Dalam hal ini kami juga akan terus mendorong Satgas BLBI untuk terus berkomunikasi dengan para debitur dan obligor sehingga sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan kita akan mendapatkan kembali haknya secara efektif," pungkasnya.


 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif